Jumat, 27 Maret 2020

Pembukaan Pendidikan islam


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang

Pada dasarnya tujuan dari hidup seorang muslim adalah untuk mengabdi pada Allah SWT. Karena pengabdian adalah bentuk realisasi dari keimanan dan diaplikasikan dalam setiap sendi-sendi kehidupan dan itu adalah menjadi tujuan dari pendidikan islam. Sedangkan tujuan pendidikan islam adalah terbentuknya insan yang memiliki dimensi religius, berbudaya, dan berkemampuan ilmiah.
Pendidikan terbagi menjadi 3 yaitu pendidikan  informal, pendidikan nonformal, dan pendidikan formal. Penanggung jawab pendidikan informal adalah orang tua dan keluarga di rumah. Mereka perlu mendidik anak mereka agar menjadi anggota masyarakat yang berbudi. Penanggung jawab pendidikan nonformal adalah masyarakat kursus dan sejenisnya. Mereka perlu mendidik peserta didik sehingga memiliki keterampilan yang memadai. Dan penanggung jawab pendidikan formal adalah sekolah dan perguruan tinggi. Peranan dan tanggung jawab pendidikan formal, informal dan nonformal ini sangatlah penting, keduanya saling berkaitan dan harus saling menunjang demi terwujudnya tujuan pendidikan Islam dan tujuan pendidikan Indonesia yakni “membangun aqidah yang luhur dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

B.     Perumusan masalah
Untuk mempermudah, pemakalah merumuskan permasalahan sebagai berikut
1.      Apa yang dimaksud dengan tanggung jawab ?
2.      Apa yang dimaksud dengan tanggung jawab pendidikan dalam islam?
C.    Tujuan
1.      Untuk mengetahui arti dari tanggung jawab.
2.      Untuk mengetahui tanggung jawab pendidikan dalam islam.

lanjut di postingan berikutnya ya Terimakasih kunjungannya semoga bermanfaat, mohon maaf apabila belum sesuai yang anda cari. semoga sukses selalu
NEXT  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

harapan kami anda berkenan memberi jejak, komentar, saran, kritik, dll.Terimakasih.